http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/monkey-ani.gif

Sabtu, 17 November 2012

           

                                       MANFAAT MEMBACA ALQUR'AN


 Manfaat al-quran bagi kehidupan anda. al-quran adalah kitab suci bagi umat muslim di seluruh dunia, arti kata al-quran menurut pendapat paling kuat yang di kemukakan oleh Dr. Subhi Al Salih ialah "bacaan".
adapun definisi dari al-quran adalah kalam Allah subhanahu wata'ala yang merupakan mu'jizat ( yang di wahyukan) kepada rasul kita yaitu rosulullah Muhammad saw.dan membaca nya itu adalah sebuah ibadah.
selain membaca al-quran itu ibadah,banyak sekali keutamaan yang berhubungan dengan membaca al-quran, salah satu nya dalam sebuah kitab yang membahas tentang tatakrama mencari ilmu di sebutkan:

terdapat beberapa hal yang yang dapat meningkatkan ingatan dan tingkat menghafal nya seseorang,yaitu menyedikitkan makan,membiasakan beribadah di malam hari atapun bangun di malam hari,dan membaca al-quran sambil melihat ke mushaf nya alias al-quran nya itu sendiri ( membaca nya sambil fokus).selanjutnya dalam kitab itu menjelaskan: tiada lagi bacaan yang dapat meningkatkan daya ingat dan memberikan ketenangan selain membaca al-quran.



Dr. Al Qadhi, melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Alquran, seorang Muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis yang sangat besar. 
Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya. Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan. Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik. Dari hasil uji cobanya ia berkesimpulan, bacaan Alquran berpengaruh besar hingga 97% dalam melahirkanketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit. 

Penelitian Dr. Al Qadhi ini diperkuat pula oleh penelitian lainnya yang dilakukan oleh dokter yang berbeda. Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, disebutkan, Alquran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97% bagi mereka yang men dengarkannya. 

Kesimpulan hasil uji coba tersebut diperkuat lagi oleh penelitian Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston. Objek penelitiannya terhadap 5 orang sukarelawan yang terdiri dari 3 pria dan 2 wanita. Kelima orang tersebut sama sekali tidak mengerti bahasa Arab dan mereka pun tidak diberi tahu bahwa yang akan diperdengarkannya adalah Alqur’an. 

Penelitian yang dilakukan sebanyak 210 kali ini terbagi dua sesi, yakni membacakan Alquran dengan tartil dan membacakan bahasa Arab yang bukan dari Alqur’an. Kesimpulannya, responden mendapatkan ketenangan sampai 65% ketika mendengarkan bacaan Alquran dan mendapatkan ketenangan hanya 35% ketika mendengarkan bahasa Arab yang bukan dari Alqur’an. 

Alquran memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi. Hal tersebut diungkapkan Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitiannya, bayi yang berusia 48 jam yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Alquran dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang. 

Sungguh suatu kebahagiaan dan merupakan kenikmatan yang besar, kita memiliki Alquran. Selain menjadi ibadah dalam membacanya, bacaannya memberikan pengaruh besar bagi kehidupan jasmani dan rohani kita. Jika mendengarkan musik klasik dapat memengaruhi kecerdasan intelektual (IQ) dan kecerdasan emosi (EQ) seseorang, bacaan Alquran lebih dari itu. Selain memengaruhi IQ dan EQ, bacaan Alquran memengaruhi kecerdasan spiritual (SQ).

Allah berfirman:
Dan apabila dibacakan Alquran, simaklah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.
(Q.S. 7: 204).

Dan Kami telah menurunkan dari Alquran, suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.
(Q.S.17:82).

Ingatlah, hanya dengan berdzikir kepada Allah-lah hati menjadi tentram.
(Q.S. 13: 28).

Relaksasi
al-quran adalah sebuah kitab suci yang memiliki kode etik untuk membacanya,tidak seperti kita sedang membaca koran,buku,dan lain nya. dalam membaca al-quran ada ilmunya yaitu ilmu tajwid.
tajwid adalah ilmu untuk membaca al-quran agar baik dan benar baik dalam arti dan makna,panjang dan pendek nya saat kita membaca. dalam membaca al-quran juga harus dalam satu nafas,maksud dengan satu nafas adalah kita harus membaca dengan sekali nafas sampai kalimat kalimat tertentu,dan jika berhenti di suatu kalimat yang belum pada titik nya harus berhenti,kita di haruskan mengulang lagi beberapa kalimat untuk meneruskan membaca nya sampai pada titik dimana harus berhenti sejenak untuk melanjutkan membaca ayat atau kalimat yang lain nya.

siapapun bisa membaca al-quran,baik anak kecil,muda,tua,pria,wanita. asalkan dirinya dalam keadaan suci dan mempunyai wudhu. dalam ajaran islam  orang yang tidak mempunyai wudhu tidak di perbolehkan memegang al-quran. juga orang yang sedang tidak dalam keadaan suci. salah satu contoh orang yang sedang tidak dalam keadaan suci adalah wanita yang sedang nifas atau haid (datang bulan),tidak di perbolehkan memegang al-quran. tapi tidak di larang untuk membaca nya asalkan tidak di sentuh.

waktu membaca al-quran
waktu kapanpun membaca al-quran itu tidak masalah.hanya saja ada dalil yang membicarakan waktu yang paling baik untuk membaca al-quran adalah 

1. dalam sholat
waktu waktu yang paling utama dalam membaca al-quran ialah dalam sholat

Allah telah memilih negeri-negeri, maka negeri-negeri yang lebih dicintai Allah ialah negeri al Haram (Mekkah). Allah telah memilih zaman, maka zaman yang lebih dicintai Allah ialah bulan-bulan haram. Dan bulan yang lebih dicintai Allah ialah bulan dzulhijjah. Hari-hari bulan Dzulhijjah yang lebih dicintai Allah ialah sepuluh hari yang pertama. Allah telah memilih hari-hari, maka hari yang lebih dicintai Allah ialah hari Jum?at. Malam-malam yang lebih dicintai Allah ialah malam Qadar. Allah telah memilih waktu-waktu malam dan siang, maka waktu yang lebih dicintai Allah ialah waktu-waktu sholat yang lima waktu. Allah telah memilih kalam-kalam (perkataan), maka kalam yang dicintai Allah adalah lafadz ‘La ilâha illallâh wallâhu akbar wa subhanallâhi wal hamdulillâh .
(HR.Al Baihaqi meriwayatkan dalam asy Syu’ab dari Ka’ab r.a)

2.malam hari
waktu waktu yang paling utama dalam membaca al-quran  ialah ketika malam hari

Allah berfirman
Di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud (sholat).
(QS. Ali Imron 3:113)

3.subuh

waktu subuh adalah ketika semua manusia memulai beraktifitas kembali. dengan membaca al-quran di waktu subuh bisa membantu menjalani keseharian nya dalam keadaan tenang dan tentram.

Trimakasih...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar